Sudah Tahu? : Model Keyboard QWERTY adalah Model yang Paling Tidak Efisien

QWERTYPernahkah anda mempertanyakan mengapa keyboard di mesin tik dan komputer disusun sedemikian rupa sehingga tidak berurutan? Ya mungkin sebagian besar orang akan menjawab “Untuk menambah kecepatan mengetik”. Tapi tahukah anda ternyata jawaban tersebut tidak tepat.

Model penyusunan keyboard ini dikenal dengan nama QWERTY (perhatikan susunan huruf paling kiri atas keyboard). Model ini telah dipakai selama kurang lebih 120 tahun dan dianggap model paling efisien dan paling mempermudah dalam mengetik. Tapi tahukah anda ternyata metode QWERTY ini merupakan metode yang dinilai paling tidak efisien. Banyak metode pengetikan lain yang terbukti dapat meningkatkan kecepatan mengetik secara signifikan, misalnya saja Dvorak Simplified Keyboard atau biasa dikenal dengan ASK (American Simplified Keyboard) yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak.

LogiTech-Wave-Keyboard

Dvorak Simplified Keyboard

Tahukah anda ternyata model QWERTY ini sengaja disusun untuk memperlambat kecepatan mengetik pada zaman dimana mesin ketik masih berukuran besar dan bergerak sangat lambat. Jika terlalu cepat mengetik dikhawatirkan mesin tersebut macet.

Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming). Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.(www.dhammacitta.org)

Lalu mengapa model QWERTY tersebut dapat bertahan hingga hari ini? Pada 1882, semua orang menggunakan metode “cari dan ketik” empat jari. Pada saat itu ada seorang wanita yang mengajukan bahwa model QWERTY merupakan model pengetikan tercepat dengan delapan jari. Lalu dia menyewa seorang tukang ketik profesional untuk menghafalkan model QWERTY ini. Setelah itu dia menantang para profesional pengetik lainnya. Hasilnya, wanita ini tidak tertandingi dengan model pengetikan QWERTY-nya. Sejak saat itu model QWERTY ini meluas dan pada tahun 1973 diresmikan menjadi keyboard standar ISO (International Standard Organization) menjadi standar yang dipakai di seluruh dunia hingga saat ini.

Semoga Bermanfaat

siddiq basid

Iklan

5 thoughts on “Sudah Tahu? : Model Keyboard QWERTY adalah Model yang Paling Tidak Efisien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s