10 Perangkat Keren Baru dalam CES (Consumer Electronic Show)

Apa itu CES? CES (Consumer Electronics Show) merupakan salah satu trade show (pameran) terbaik di dunia untuk memperkenalkan teknologi baru sebelum dipasarkan. CES yang terbaru berakhir hari Minggu (10 jan 2010) kemarin di Las Vegas, Nevada. Pameran kemarin merupakan event terbesar di dunia (untuk kegiatan sejenis).

Kok Siddiq Basid bisa tau? Siddiq Basid ke Las Vegas?

Hehehe. tidak. Saya cuma baca artikel ini dari CNN (saya kan sering baca CNN😀, kalo nganggur…😀 ), trus membagi berita ini buat teman-teman. Tapi jangan marah yah kalau bahasanya rada-rada susah dimengerti.😛

Menurut Bung CNN, di sana ada ribuan teknologi yang dipamerkan, tapi ada 10 produk yang sangat menarik perhatiannya. Berikut ini ada 10 perangkat dijamin berguna, unik, atau hanya benar-benar aneh.

1. Toshiba CELL TV dengan Gerak Isyarat (Gak Pake Remot Lagi)

Toshiba memperkenalkan sebuah prototype sebuah TV yang tidak membutuhkan remote control. Kita dengan mudahnya sudah bisa mengatur menu, fast-forward film, mengatur volume suara hanya dengan menggerakkan atau melambaikan tangan. Banyak produsen TV mencoba menggunakan “gesture technology” (teknologi gerak isyarat), tapi tidak berjalan sempurna. Tapi Toshiba adalah yang pertama yang memperlihatkannya dengan baik.

Dalam sebuah demo di CES, seorang wanita mengerakkan tangannya untuk memilih item dari sebuah 3-D dan mengatur zoom in /out sebuah foto. TV tersebut menggunakan teknologi infrared (inframerah) untuk membaca pergerakan ‘penonton’ dalam sebuah zona khusus di ruangan tersebut, yang diberi istilah “couch-potato zone” oleh demonstrator wanita tersebut.

Harga : Tidak diberitahukan

Tersedia : 2011 atau 2012

Kenapa keren? : Ide teknologi yang membaca gerak isyarat manusia sangat berpotensi dalam revolusi perjalan kita dalam berinteraksi dengan computer dan TV

2. TV Tiga Dimensi (3-D) TCL, sans glasses

Salah satu masalah besar dalam TV 3-D adalah sistemnya. Ketika mereka mempertunjukkan debut mereka di akhir tahun, pengguna mesti menggunakan kaca mata 3-D . Itu merupakan hal yang bodoh, mahal, dan beberapa pencoba kaca mata tersebut komplain karena mengalami pusing dan gangguan saraf.

Tapi TCL Corporation, perusahaan China yang merupakan induk dari RCA,mempertunjukkan teknologi TV 3-D yang tidak membutuhkan kacamata. Wakil dari perusahaan tersebut menjelaskan bahwa teknologi itu menambahkan satu lapis lensa di depan layar TV untuk menghasilkan efek tiga dimensi dan ini bisa dipajang di rumah layaknya sebuah papan pengumuman.

“Konsepnya, kami meletakkan kaca mata yang anda gunakan ke TV,” kata juru bicara TCL.

Harga : tidak diberitahukan

Tersedia : 2011 untuk commercial clients

Kenapa keren? : Tidak menggunakan kaca mata

3. Blio e-reader

Software ini dibuat secara bertahap oleh Ray Kurzweil. Software ini hampir berjalan di semua laptop, netbook atau smartphone dalam gambar yang jelas dan full colour. Blio menggunakan file PDF original untuk menjaga format yang sebenarnya dari sebuah buku atau majalah dalam mendukung multimedia interaktif termasuk video dan web link. Software ini akan diluncurkan dalam sebuah online store bersama lebih dari 1.2 juta judul.

Harga : Gratis

Tersedia : Paling lambat februari ini

Kenapa keren? : Blio juga memiliki fitur baca-suara (read-aloud) dan akan menerjemahkan ke atau dari English. Ini terlihat mengesankan di demo CES

4. Tivit, Sebuah Perangkat yang Membawa Mobile TV ke Ponsel (tanpa mengganti ponsel)

The Tivit, sebuah perangkat mungil seukuran kartu kredit yang menangkap sinyal ‘live television’–seperti cuaca lokal dan berita–dan membawanya ke smartphone seperti iPhone, Blackberry dan Droid.

Gadget ini menjadi langkah yang membantu bagi kita yang memerlukan ketersediaan mobile TV di ponsel tanpa harus membeli ponsel baru. Tivit, dari sebuah perusahaan bernama Valups, menggunakan sebuah antena untuk menangkap sinyal TV digital dari stasiun TV lokal lalu mentransmisikannya ke ponsel via Wi-Fi. Ini berarti anda tidak memerlukan koneksi internet untuk menggunakan alat ini.

Harga : Sekitar $100

Tersedia : Musim semi 2010

Kenapa keren? : Meng-upgrade ke mobile TV tanpa membeli ponsel baru dan bentuknya manis.

5. Remote TV Samsung yang Dilengkapi Layar TV pada Remote Tersebut

Pernah bayangin gak buat nonton TV di Remote? Ternyata Samsung menciptakan Remote tersebut. Remote “All-in-One-Premium” ini dilengkapi audio tersendiri dan dapat menyiarkan siaran yang berbeda dari TV yang dia kontrol. Remote ini akan hadir bersama kedatangan Samsung C9000 high-definition TV selanjutnya dan akan dijual secara terpisah, kata juru bicara Jermain Anderson

Lalu apa gunanya hal tersebut? Juru bicara Samsung mengatakan bahwa remote ini memiliki beberapa kegunaan. Misalnya kamu ingin menonton sebuah acara humor sedangkan teman kamarmu ingin menonton pertandingan basket. Salah satu dari kamu bisa menonton di remote, katanya. Orang yang menonton di remote bisa menggunakn headphone untuk mendengar suaranya.

Lihat Demo Remote TV Samsung yang Dilengkapi dengan Layar TV pada Remote Tersebut

Harga : Tidak diberitahukan

Tersedia : 2010

Kenapa keren? : Sebenarnya tidak terlalu berguna tapi ini menarik

Yang lima lagi nanti aja yah…….Istirahat dulu…..

Semoga Bermanfaat

Harga : Sekitar $100

Tersedia : Musim semi 2010

Kenapa keren? : Meng-upgrade ke mobile TV tanpa membeli ponsel baru dan bentuknya manis.

6 thoughts on “10 Perangkat Keren Baru dalam CES (Consumer Electronic Show)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s