Mata Hati

Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) Surabaya

SURABAYA. YPAB – sebuah lembaga pendidikan bagi anak-anak tunanetra. Lokasi sekolah ini lumayan dekat dari kampus ITS, tepatnya di Jl. Gebang Putih No.5 Surabaya. Yakin pasti akan berhasil, demikian jargon kebanggan anak-anak YPAB.

Menyaksikan anak-anak tunanetra yang mampu mengetik dengan menggunakan Ms Word menjadi sebuah pengalaman baru bagi saya. Bukan hal yang mudah rasanya mengetik tanpa menggunakan mata. Saya sungguh takjub. MasyaAllah.

Belum habis rasa kagum saya kepada anak-anak hebat itu, mereka sudah memperlihatkan kelihaiannya memainkan alat musik dalam sebuah band. Jujur, saya merinding mendengarkan mereka bermain band. Pertunjukan mereka tidak kalah sama anak-anak band seusianya, mungkin mereka malah lebih baik. Apalagi suara vokalisnya sangat enak didengar.

“Apa yang akan kalian lakukan jika telah lulus nanti?”

Dengan percaya diri salah seorang anak menjawab, “Setelah lulus, saya ingin menjadi pendeta”.

Sebuah cita-cita yang mulia. Dengan kekurangannya, mereka bukan berharap mendapat kepedulian dari orang lain. Mereka malah berharap menjadi seseorang yang peduli dan berguna bagi orang lain. MasyaAllah.

Mata kita mungkin lebih baik dari mereka. Kita bisa melihat apa saja yang ada di sekitar kita dengan mata kita. Namun terkadang kita hanya bisa melihat, namun tak mampu mensyukuri apa yang kita lihat. Mata mereka memang tak sebaik mata kita. Namun mata hati mereka lebih baik dari kita. Dengan mata hatinya mereka bisa bersyukur dan membahagiakan orang-orang di sekitarnya.

12 thoughts on “Mata Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s