Randoseru

Aih, sudah lama juga nih gak ngeblog…. Maklum mahasiswa sok sibuk

Tadi sore sensei bahasa jepang ku cerita tentang sedikit pengalamannya di Jepang. Nah karena saya orang baik *tabok*, jadi cerita sensei saya sharing di sini. Tapi gak tau juga itu menarik atau gak bagi champ sekalian. Tapi bagi saya, “sesuatu banget ya….”

Tadi sensei membahas ~chan dan ~kun. Akhiran sapaan itu biasanya dipake buat memanggil anak kecil (SMP ke bawah). Sapaan ~chan buat anak perempuan, misalnya Mika-chan. Sapaan ~kun buat anak laki-laki, misalnya Nakata-kun.

Trus sensei nanya, ” Trus kenapa SINCHAN pake akhiran ~chan ? Dia kan anak laki-laki….”. Trus dijawab sendiri sama sensei, “Karena Sinchan itu cerewet kayak perempuan makanya pake ~chan….. ”

Katanya anak-anak di Jepang itu ya memang dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Anak laki-laki itu ya nonton Doraemon, gak ada yang nonton Dorami. Begitu juga sebaliknya, anak perempuan nonton Dorami bukan Doraemon.

Trus ada lagi. Warna buat anak laki-laki itu biru, kalo anak perempuan merah. Liat aja tasnya. Tas kotak berat yang pake bahan kulit. Karena berat makanya cara jalan anak-anak jepang tegap. Kalo untuk anak SMA pake tas yang warna hitam

Karena penasaran, saya googling. Mungkin maksud sensei tadi adalah Randoseru.

Anak Jepang Menggandeng Randoseru

Anak Jepang Menggandeng Randoseru

Randoseru berasal dari bahasa Belanda “Ransel”. Ukurannya sekitar 30 cm tinggi 23 cm lebar 18 cm. Ketika kosong beratnya sekitar 1,2 kg. Randoseru dianggap sebagai simbol kebajikan yang diperlukan untuk mendapatkan pendidikan yang baik, disiplin, kerja keras dan dedikasi. Selengkapnya bisa dibaca di wikipedia. Tapi berbeda sama yang dibilang sensei, menurut wikipedia untuk anak perempuan pake randosero merah sedangkan anak laki-laki randosero hitam.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal unik yang diceritakan sensei tadi sore tentang tertibnya anak-anak Jepang saat berangkat dan pulang dari sekolah, tentang kebiasaan menggunakan locker, tentang kebiasaan makan siang anak jepang. Atau tentang kewajiban orang tua untuk datang ke sekolah tiap bulan, datang untuk berdiri di belakang kelas memperhatikan tingkah laku anaknya di kelas selama peajaran berlangsung. Ahh, kapan ya mimpi saya agar bisa ke Jepang bisa dikabulkan? Ya Allah, peluklah mimpiKu

Anak Jepang Menggandeng Randoseru : Dok. sakura-hotel-ikebukuro.com

~~~~~~~

Iseng-iseng googling malah dapat penamapakan NIKE RANDOSERu.

Kira-kira champ sekalian ada yang tau gak tempat jual Nike Randoseru itu. Jadi pengen nih.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s