Conveyer Terbakar, Tonasa Pingsan

Salah satu conveyer PT. Semen Tonasa mengalami kebakaran. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 saat beberapa karyawan masih istirahat. PLTU 2x25MW yang berada di Biringkassi distop sementara pasca kebakaran. Selain itu pabrik Semen Tonasa yang pasokan listriknya sangat bergantung pada pembangkit tersebut sempat mengalami “pingsan” sampai akhirnya mendapatkan pasokan dari PLN sehingga mampu beroperasi kembali.

Conveyer yang mengangkut batu bara menuju boiler tersebut sangat vital. Tanpa conveyer tersebut, suplai bahan bakar dari penyimpanan batu bara menuju boiler terputus. Akibatnya pembangkit listrik tidak dapat dioperasikan.

Saya kebetulan berada di site proyek PLTU Tonasa yang baru. PLTU baru tersebut letaknya bersebelahan dan masih satu lokasi dengan PLTU lama (yang terbakar). Menurut diskusi teman-teman (yang lebih berpengalaman dari saya), conveyer milik Tonasa tersebut kurang safety karena tidak dilengkapi dengan Fire Fighter Automatic. Apalagi mengingat perannya yang vital.

Akibat kebakaran tersebut Tonasa diperkirakan mengalami kerugian hingga milyaran rupiah (ini menurut analisis teman-teman berpengalaman itu lho ya). Dan berita buruknya (yang masih kabar burung), tidak ada uang bonus buat karyawan pada tahun ini. Peristiwa tersebut juga menjadi berita buruk bagi anak karyawan seperti saya. Huhu….

3 thoughts on “Conveyer Terbakar, Tonasa Pingsan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s