Buat Bangga Indonesia : Christian Lie Ilustrator Transformers dan GI Joe | Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC

Berbicara mengenai komik, ada dua negara yang bisa dibilang sudah merajai industri kreatif tersebut, AS dan Jepang. Sebuah kabar membanggakan yang baru saja saya dapatkan dari industri komik AS. Christiawan Lie seorang putra bangsa yang masih berstatus kewarganegaraan Indonesia berhasil menembus industri komik AS bahkan karya-karyanya telah sukses merebut pasar dunia.

Siapa yang tidak kenal film Transformers dan GI Joe ? Bagi pecinta film pasti sudah pernah menonton film tersebut. Dan bagi saya kedua film tersebut pantas diberi dua jempol baik dari segi ide cerita maupun efek animasi. Ok, STOP! Saat ini kita tidak ingin membicarakan mengenai kedua film tersebut.

Film Transformers dan GI Joe diadaptasi dari komik yang laris di dunia. Nah di sini cerita menariknya. Siapa yang menyangka ternyata salah satu  ilustrator (orang yang menggambar komik) dari kedua komik tersebut adalah orang Indonesia. Ya, Chris Lie-nama beken dari Christiawan Lie- adalah salah satu ilustrator komik Transformers dan GI Joe.

”GI JOE itu karya pertama saya,” kata Chris Lie –nama beken Christiawan Lie–  saat ditemui Jawa Pos di Caravan Studio, bengkel komik yang dia dirikan pada 2008. Caravan Studio terletak di kompleks apartemen Mediterania Garden, Jakarta. Chris bersama tujuh orang stafnya bekerja setiap hari menyelesaikan sejumlah proyek komik dan ilustrasi untuk dipasarkan ke seluruh dunia. ”Moto di sini adalah get income from comic. Kami tidak bekerja yang lain,” ujar suami Reni Setia Dharma itu.

Riwayat Pendidikan Chris Lie

Christiawan Lie adalah seorang lulusan Arsitek Institut Teknologi Bandung pada tahun 1997 dengan meraih predikat cum laude. Setelah lulus dia bekerja sebagai seorang Arsitek. Di tengah kesibukannya sebagai arsitektur dia masih menekuni hobinya sebagai ilustrator komik dan dia mencoba memasukkan lamaran beasiswa. Akhirnya pada 2003, beasiswa yang ditunggu-tunggu itu tiba. Chris akhirnya mendapatkan beasiswa penuh dari Fullbright Scholarship untuk melanjutkan program master di Savannah College of Art and Design, Savannah, Amerika Serikat. Jurusan yang diambil adalah master di bidang sequential art kalo dalam bahasa Indonesia disebut Jurusan Komik. Lalu di kampusnya tersebut mahasiswanya diberi kesempatan untuk magang. Pilihannya, bisa magang di internal kampus atau di perusahaan. Chris memilih magang di perusahaan. Dia diterima magang pada November–Desember 2004 di Devil’s Due Publishing (DDP), Chicago. Dan dari situlah dia memulai karirnya sebagai ilustrator yang karyanya disukai seluruh dunia.

————–

Semoga prestasi dan pengalaman dari Chris Lie ini bisa menjadi batu loncatan bagi para ilustrator komik yang ada di negeri ini untuk menghasilkan karya-karya yang diakui dunia. Semoga bangsa ini menjadi bangsa yang tidak kalah bersaing dengan bangsa lain di bidang industri

untuk penjelasan lebih jelas, silahkan kunjungi sumber di bawah ini.

Fajar

Radar Jogja

———-

Tulisan ini khusus saya buat atas partisipasi saya dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC. Untuk melihat artikel lain yang saya buat atas partisipasi saya dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC silahkan klik di sini.

7 thoughts on “Buat Bangga Indonesia : Christian Lie Ilustrator Transformers dan GI Joe | Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC

  1. Ping-balik: pligg.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s